Home » » 10 Gunung Api Paling Bahaya di Dunia

10 Gunung Api Paling Bahaya di Dunia

Diposting oleh Unknown pada Minggu, 14 Juli 2013 | 16.32

paling bahaya - Jangan khawatir masalah bahaya. Kali ini terkondang akan membahasnya. Baiklah kita awali tentang fakta unik beberapa gunung api aktif di dunia yang paling berbahaya. Di dunia ini banyak gunung yang menjulang tinggi dan masih aktif. Kalau di Indonesia kita mengenal salah satu gunung api paling aktif yaitu gunung merapi. Gunung tersebut juga cukup berbahaya bagi masyarakat sekitar ketika mengeluarkan awan panas atau masyarakat sekitar sering menyebutnya wedus gembel. Selanjutnya simak ulasan berikut tentang gunung gunung api aktif di dunia yang mendapat predikat paling berbahaya

Chaitén

Chaitén | gunung paling berbahaya

Gunung api ini terletak di Chile selatan, tepi kaldera mencapai 1,122 meter di atas laut dan 3km dengan diameter. Gunung Chait mulai erupsi di Mei 2008. Kekuatan letusan itu meningkat secara dramatis menghasilkan arus awan ledakan dan lava. Pada bulan Februari 2009 yang sebagian disebabkan runtuhnya kubah aliran piroklastik lebih bawah melalui lembah sungai.

Mayon

mayon mountain philipins

Gunung Mayon terletak di provinsi Albay, di Luzon, Filipina. Bagian dari Cincin Api Pasifik, merupakan salah satu gunung berapi paling aktif, telah meletus di Filipina selama lebih dari 49 kali dalam 400 tahun terakhir.

Mount Etna

Mount Etna

Terbesar dari tiga gunung berapi aktif di Italia terletak 3,329 meter diatas permukaan laut di pesisir timur Sisilia. Salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, Gunung Etna adalah dalam keadaan hampir konstan. Yang paling terakhir adalah letusan abu pada bulan April 2010.

Mount Nyiragongo

Mount Nyiragongo Kongo

Gunung Nyiragongo terletak di Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo. Mempunyai kawah dengan lebar sekitar 2 km. Sejak 1882, ia telah meletus sedikitnya 34 kali. Lava Nyiragongo terus turun dengan kecepatan hingga 60 mph.

Whakaari / White Island

White Island

Pulau putih terletak biaya 28 km timur Pulau Utara Selandia Baru. Letusan telah terjadi di sini baik aliran lava dan abu ledakan. Letusan terbesar terjadi di tahun 1981-1983 banyak mengubah lanskap, dan ada juga letusan pada tahun 2000 dan 2001.

Mount St Helens

Mount St Helens USA

Gunung St Helens terletak di Skamania County, Washington, USA. Hal yang paling terkenal darisini mungkin letusan pada bulan Mei 1980 yang menyebabkan 57 kematian dan kerusakan properti selama lebih dari 230 mil persegi. Pada tahun 2008 uap lagi mulai merembes dari rekahan di kubah lava.

Kīlauea

Kīlauea Hawai

Kilauea merupakan gunung berapi aktif di Kepulauan Hawaii dan merupakan salah satu dari lima gunung berapi yang bersama-sama membentuk pulau. Letusan saat ini dimulai pada bulan Januari 1983 dan terus menghasilkan aliran lava yang berjalan dari ventilasi melalui jaringan yang dibuang ke laut. Letusan ini telah meliputi lebih dari 117 km persegi dan dibangun dari laut kedalaman 2 km.

Soufrière Hills

Soufrière Hills Karibia

Ini gunung berapi Soufrière Hills mencakup banyak kubah lava yang membentuk puncaknya di pulau Karibia Montserrat. Setelah lama tertidur, ia menjadi aktif pada tahun 1995 dan terus meletus. Lebih baru-baru ini, 5 Februari 2010 ledakan mendorong arus awan di beberapa bagian gunung itu pada suatu waktu.

Popocatépetl

Popocatépetl meksiko

Popocatépetl adalah puncak tertinggi kedua di Meksiko pada 5,426 meter, dan terletak sekitar 70 km tenggara Mexico City. Hal ini mungkin salah satu gunung yang paling berbahaya di Meksiko dengan lebih dari 20 letusan besar sejak 1519. Yang paling baru mulai pada bulan Desember 1994 dan sejak itu telah aktivitas gunung berapi hampir terus menerus.

Sakurajima

Sakurajima Jepang

Awalnya sebuah pulau, setelah aliran lava dari letusan 1914 dari Sakurajima sekarang terhubung ke Semenanjung Osumi di Jepang. Aktivitas Sakurajima menjadi lebih menonjol lagi pada tahun 1955, dan gunung berapi telah meletus hampir terus-menerus sejak itu, dengan 7.300 letusan tercatat dalam 45 tahun terakhir.

Itulah tentang beberapa fakta unik gunung berapi paling aktif dan juga paling bahaya di dunia. Sudah sepantasnya kita bersukur di dunia ini bisa melihat ciptaan yang kuasa nan Indah. Meskipun berbahaya hal itu merupakan alur dari kehidupan. Alam pun dapat marah jika kita tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengannya. Berbicara paling bahaya jangan lupa untuk menuju ke bacaan anda selanjutnya tentang hewan paling agresif. Salam kondang dari terkondang

sumber
Share :

1 komentar:

dh4nt mengatakan...

menarik.... dan nambah ilmu
ngingetin acara di salah satu station Tv..
salut.

Posting Komentar

 
Support : Wallpapers
Copyright © 2011. terkondang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger