Home » , » 3 Air Mancur Tertinggi di Dunia

3 Air Mancur Tertinggi di Dunia

Diposting oleh Unknown pada Rabu, 10 Juli 2013 | 23.38

Air Mancur merupakan sebuah pengaturan air yang keluar dari sebuah sumber sehingga dapat memancarkan air ke udara hingga mencapai ketinggian tertentu. Air mancur dapat menambah keindahan sebuah taman dan kota. Maka tidak heran jika air mancur banyak didesain sedemikian rupa untuk menciptakan keindahan di sekitar kota. Banyak pula air mancur yang dibuat dengan tinggi yang cukup luar biasa. Berikut ini adalah 3 air mancur tertinggi di dunia.

1. Air Mancur Raja Fahd (Fountain Jeddah)

Air Mancur Raja Fahd

Air Mancur Raja Fahd juga dikenal sebagai Fountain Jeddah , adalah air mancur  yang tertinggi di dunia. Terletak di pantai Jeddah, pantai barat Kerajaan Arab Saudi. Tinggi air mancur /jet air ini adalah 1.024 kaki (853 meter) di atas Laut Merah. Air mancur ini merupakan air mancur yang dibuat atas perintah Raja Fahd dan disumbangkan ke kota Jeddah, maka namanya adalah air mancur Raja Fahd. Air mancur ini dapat terlihat di seluruh kawasan sekitar Jeddah. Air itu dapat menyemburkan hingga mencapai kecepatan 375 kilometer (233 mil) per jam dan massa udara yang dapat melebihi 18 ton. Air mancur ini dibangun antara tahun 1980 dan tahun 1983 dan mulai beroperasi pada tahun 1985. Air mancur ini menggunakan air asin yang diambil dari Laut Merah, bukan air tawar. Menggunakan lebih dari 500 lampu sorot untuk menerangi air mancur di malam hari.

Selain itu, air mancur ini menggunakan 3 pompa raksasa yang dapat menembakkan 625lt air/ detik dengan kecepatan 375 km/jam. Walaupun king fahd’s fountain ini termasuk salah satu dari 10 air mancur terindah di dunia yang disejajarkan dengan atraksi cantik dari magic fountain of montjunic barcelona juga fountain of wealth singapura dan juga beberapa air mancur indah lainnya, tapi jangan terlalu berharap banyak akan melihat atraksi air di nafura king fahd ini. Air mancur ini hanya air dari laut merah yang dipancurkan dengan ketinggian luar biasa yang dibantu dengan pencahayaan saja.

2. Gateway Gayser

gateway geyser fountain

Terletak di Mississippi River , Gateway Gayser adalah air mancur tertinggi kedua di dunia setelah air mancur Raja Fahd di Arab Saudi yang mencapai ketinggian 853 meter. Dibangun pada tahun 1995, air mancur ini menyemburkan air hingga 630 meter.  Geyser Gateway mulai beroperasi pada 27 Mei 1995, untuk membantu memenuhi visi Malcolm W. Martin menciptakan landmark di East St Louis yang akan melengkapi Gateway Arch. The Gateway Geyser didirikan dengan bantuan dari Gateway Center Metropolitan St Louis, sebuah kelompok nirlaba yang didirikan oleh Martin yang anggotanya mengumpulkan $ 4 juta dalam sumbangan pribadi untuk sepenuhnya mendanai pembangunan geyser itu.

The Gateway Geyser  merupakan air mancur tertinggi di AS serta merupakan sebuah keajaiban teknik. The Gateway Geyser ini didukung oleh tiga pompa 800 kuda-daya, pemakaian 8.000 galon air per menit, pada 250 meter per detik, dengan dorong aksial dari £ 103.000. Air mancur memiliki sistem otomatis yang mendeteksi kecepatan angin dan menurunkan ketinggian kolom yang diperlukan untuk meminimalisir kejatuhan air. Ketika kecepatan angin melebihi 13 mph, air mancur secara otomatis ditutup. Geyser biasanya mendorong sekitar 1.100 galon air beratnya £ 9.200 ke udara.

3. KPT Fountain Karachi

fountain karachi

Air mancur tertinggi ketiga di dunia adalah KPT fountain Karachi, di Pakistan. Dibangun pada tahun 2005, air mancur /jet air ini dapat menyemburkan air hingga 620 meter di atas permukaan laut. Air mancur ini terletak di sebelah Utara dari serangkaian batu yang dikenal sebagai Oyster Rocks, dari pelabuhan Karachi. Sejak diresmikan oleh Presiden Pakistan pada 15 Jan 2006, air mancur ini telah menarik pengunjung dari seluruh kawasan Pakistan.  Struktur dan platform air mancur ini adalah 135 meter ² (15m x 9m) pada 16 tumpukan 18 meter. Dua pompa turbin 835-tenaga kuda memberikan hampir 2000 liter air laut per detik dengan kecepatan 70 meter per detik, dan dirancang khusus melalui nozel 8 inci.

Karena air mancur naik begitu tinggi ke udara, itu cukup mudah dilihat dari berbagai lokasi kota di Pakistan. Banyak gedung tinggi seperti apartemen, bangunan dan lingkungan seluruh masyarakat di pantai menghadap ke air mancur ini. Kolom air dapat dilihat dari beberapa mil di laut. Air mancur ini terletak 1,4 km jauhnya dari pantai untuk menghindari penyemprotan air ke rumah masyarakat. Uap maksimum yang ditimbulkan dari air mancur ini hingga radius 500 meter di sekitar air mancur. Delapan belas lampu sebesar 400 watt digunakan untuk menerangi air mancur di malam hari. Pada malam tanggal 15 Januari 2006, orang memadati pantai Clifton untuk menyaksikan peresmian air mancur dengan layar besar kembang api dan melihat aliran airnya ajaib berubah menjadi biru di malam hari.

sumber
Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Wallpapers
Copyright © 2011. terkondang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger