Home » , » 3 Masjid Tertua di Indonesia

3 Masjid Tertua di Indonesia

Diposting oleh Unknown pada Kamis, 11 Juli 2013 | 00.09

Masjid adalah rumah atau tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. Berikut ini adalah 3 masjid tertua di indonesia, yang dibangun di tanah air kita indonesia. Beberapa masjid berikut berumur mulai dari sekitar 700-400 tahun.

Masjid Saka Tunggal (1288)

masjid saka tunggal | masjid tertua

Masjid Saka tunggal terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Masjid ini terletak ± 30 km dari kota Purwokerto. Masjid ini dibangun pada tahun 1288 sebagaimana terukir di Guru Saka (Pilar Utama) masjid. Tapi dalam membuat masjid ini lebih jelas ditulis dalam buku-buku kiri oleh para pendiri masjid ini yaitu Kyai Mustolih. Tapi buku-buku ini telah hilang bertahun-tahun yang lalu. Setiap tanggal 27 rajab diadakan ziarah di masjid dan membersihkan makam Kyai Jaro Mustolih.

Disebut saka tunggal karena untuk membangun tiang yang digunakan dalam membentuk masjid ini hanya satu tiang (tunggal). Menurut bpk. Sopani, salah satu pengurus masjid bahwa pilar tunggal melambangkan bahwa Allah hanya satu. Di beberapa tempat terdapat hutan pinus dan hutan lainnya dihuni oleh ratusan monyet jinak dan ramah, seperti di Sangeh Bali.

Masjid Wapauwe ( 1414 )

masjid wapauwe | masjid tertua

Masjid Tua Wapauwe adalah masjid yang sangat bersejarah dan merupakan masjid tertua di Maluku. Umurnya mencapai tujuh abad. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi. Masjid yang saat ini masih berdiri dengan kokohnya, menjadi bukti sejarah Islam di Maluku pada masa lampau.

Masjid ini masih terawat dengan baik. Kebanyakan bangunan aslinya juga disimpan  sebagai benda warisan layaknya drum, catatan tangan alquran, karakter skala batu yang beratnya 2, 5 kg, juga logam hiasan serta membaca huruf arab di dinding. Masjid juga masih berfungsi sebagai tempat doa sekitar penduduk. Jika drum atau beduk dipukuli, maka suaranya akan terdengar sampai seluruh desa, mengundang orang untuk datang ke masjid untuk shalat berjamaah. Kitab suci Alquran tulisan tangan di masjid ini pernah dipamerkan di Festival Istiqlal di Jakarta. Beberapa tambahan baru adalah tempat wudlu, karpet, kipas dan listrik untuk pencahayaan.

Masjid Ampel ( 1421 )

masjid ampel | masjid tertua

Masjid ampel merupakan masjid kuno yang ada dibagian utara kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel. Masjid ini adalah masjid yang paling terkenal dan suci bagi umat Muslim di Surabaya, setelah Masjid Akbar Surabaya. Tepat di belakang Masjid Ampel terdapat kompleks makam Sunan Ampel yang meninggal pada 1481.

Sekarang masjid Ampel merupakan salah satu tempat tujuan wisata religi di Surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab. Keberadaan Kampung Arab sebagian besar ditempati keturunan Arab Yaman dan Cina yang sudah menetap ratusan tahun untuk berdagang. Suasana kehidupan para pedagang ini nyaris seperti suasana di Makkah. Di samping kiri halaman masjid Ampel, ada sebuah sumur bertuah, umumnya dipakai oleh mereka yang meyakini untuk penguat janji atau sumpah.

sumber
Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Wallpapers
Copyright © 2011. terkondang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger