Home » , » 3 Universitas Tertua di Dunia

3 Universitas Tertua di Dunia

Diposting oleh Unknown pada Kamis, 11 Juli 2013 | 00.02

Setiap universitas pasti memiliki sejarah yang panjang dan cerita-cerita menarik dibalik pendiriannya hingga masa sekarang.  Di dunia ini ada universitas yang dianggap tertua karena didirikan bahkan sebelum ilmu pengetahuan dianggap penting oleh mayoritas masyarakat. Universitas tertua di dunia ternyata dimulai di abad pertengahan oleh dunia Islam. Eropa baru memulai mengikutinya kira-kira dua abad setelah itu. Berikut ini adalah 3 universitas tertua di dunia.

Universitas Al-Karaouine

Universitas Al-Karaouine

Universitas Al-Karaouine yang terletak di Fes, Maroko, merupakan universitas tertua di dunia. University of Karaouine (Al-Karaouine) dibangun pada 859 M. Universitas Al-Karaouine adalah bagian dari masjid, didirikan oleh Fatima Al-Fihri, putri dari saudagar kaya Mohammed Al-Fihri.  Sejak awal masa pendiriannya, Al-Karaouine sangat berperan dalam pertukaran budaya, ilmu dan pengetahuan diantara masyarakat Muslim dan Eropa. Pada perjalanannya, berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka untuk bidang ilmu alam. Hingga kini, Al- Karaouine telah mencetak ribuan sarjana berkualitas yang berasal dari seluruh dunia. Tercatat nama-nama penting dalam sejarah Islam, seperti Ibn Maimun (1135-1204), Al Idrissi, Ibn Arabi (1165–1240) dan Ibn Khaldun (1332–1395). Mereka sebagai murid atau pengajar. Diantara orang Nasrani yang pernah belajar di Al-Karouine adalah Nicolas Cleynaerts (Belgia) dan Golius (Belanda), dan intelektual Barat Silvestor II, pemimpin tertinggi gereja Katholik Vatikan tahun 999. Dialah yang berjasa memperkenalkan “angka” arab di Eropa.

Kini Al-Karouine bukan hanya tempat mempelajari Al-Qur’an dan Fiqih. Mahasiswa bisa belajar retorika, logika, astronomi, kimia, ilmu pengobatan dan musik. Al-Karouine juga terkenal dengan sejumlah manuskrip kuno yang masih tersimpan rapi di perpustakaan. Perpustakaan ini berdiri pada jaman Marinid Sultan Abu Inan Faris, 1349. Manuskrip ini antara lain terdapat manuskrip tersohor Al Muwatta-Malik, juga Sirat Ibnu Ishaq. Bahkan di situ juga tersimpan buku asli Ibnu Khaldun, Al-Ibar. Kemudian pada tahun 1957, berkembang dengan dilengkapi bidang ilmu matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing. Universitas ini pun mendapat rekor sebagai universitas tertua dari Guinness Book of World Records.

Universitas Al Azhar

Universitas Al Azhar

Universitas Al Azhar merupakan universitas tertua kedua di dunia. Asal mula Al Azhar adalah berupa masjid yang dibangun oleh Jauhar Al Shaqali, seorang panglima perang pada Dinasti Fathimiyah, pada tanggal 24 Jumadil Ula 359 H (970 M). Awalnya berkonsentrasi pada kuliah agama, yang kemudian juga mengajar semua bidang ilmu pengetahuan modern. Al Azhar juga berfungsi sebagai pusat sastra dan literatur Islam Arab Sunni.  Keberadaan Al-Azhar sebagai sebuah institusi pendidikan terkemuka dan modern, juga mendapatkan pengakuan dari Napoleon Bonaparte. Dalam pengasingan di St Helena, ia menuliskan catatan harian yang mengungkapkan kekagumannya saat tentaranya ekspansi ke Mesir. Disitu ia menyebut Al-Azhar merupakan tandingan Sorbonne, universitas tertua dan terbaik di daratan Prancis.

Keberadaan Al Azhar berkembang semakin besar, sehingga tidak hanya berpusat di Ibukota, Kairo, tapi hampir menyeluruh di setiap propinsi di Mesir dibuka cabang Al Azhar. Kebesaran tersebut lebih terasa lagi, demi mengetahui bahwa Al Azhar adalah lembaga sosial yang teramat sosial. Al Azhar, sepeserpun tidak menarik uang kuliah dari mahasiswa. Bahkan tiap tahunnya membuka pendaftaran beasiswa. Juga terus mengadakan pembangunan,dan membuka cabang-cabang baru di daerah-daerah. Nama Al-Azhar sendiri mengambil dari nama Fatima Az-Zahra, putri Nabi   Muhammad SAW. Perpustakaan Universitas Al-Azhar dianggap perpustakaan kedua terpenting di Mesir saking lengkapnya koleksi buku disana.

Universitas Nizamiyya

Universitas Nizamiyya

Universitas ini didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk di abad 8 M di Persia (sekarang Iran). Universitas dengan nama yang sama juga didirikan di Basrah, Irak dan di Nishapur, Amul, Mosul, Heart, Damaskus, Basrah di Syiria. Salah satu yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyya adalah Al-Nizamiyya Baghdad yang berdiri tahun 1065 di Dhu’l Qa’da dan beroperasi di Isfahan.

Universitas yang didirikan oleh perdana menteri dinasti Saljuk yang sangat cinta ilmu ini bertujuan untuk menyebarkan doktrin Sunni, terutama Ash’ariyyah. Di universitas ini, beberapa ulama besar yang sudah kita kenal namanya sempat melewatkan waktu untuk mengajar, seperti Imam Ghazali dan gurunya, Imam al-Juwayni.  Universitas ini merupakan universitas dengan model universitas modern pertama yang menandingi Al-Azhar seperti sistem pengajaran, bangunan yang lebih elit, kurikulum, dan jurusan yang lebih banyak.

sumber
Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Wallpapers
Copyright © 2011. terkondang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger