Home » , » 10 Jenis Hewan Laba Laba Terbesar di Dunia

10 Jenis Hewan Laba Laba Terbesar di Dunia

Diposting oleh Fakta Terkondang pada Minggu, 15 Januari 2017 | 00.49

Jenis-jenis hewan di dunia ini sangat beragam dari jumlah sampai bentuknya. Ada yang besar ada pula yang kecil. Berikut ada beberapa laba-laba dengan ukuran super-besar di dunia. Laba-laba adalah hewan yang bagi sebagian orang sangat menjijikkan dan menakutkan. Namun ada pula yang justru menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumahnya.



Dari sekian banyak spesies laba-laba tersebut, semuanya terbagi menjadi 3 golongan yang didasarkan pada sub-ordo masing-masing.
  • Mesothelae. Laba-laba golongan ini merupakan jenis laba-laba primitif. Laba-laba ini biasanya tidak berbisa dan memiliki ruas-ruas tubuh yang terlihat jelas. Ciri-ciri fisiknya juga menyerupai ordonya terdahulu yakni artropoda.
  • Mygalomorphae. Laba-laba golongan ini disebut juga dengan golongan orthognatha. Laba-laba jenis ini merupakan laba-laba yang sering membuat liang persembunyian dan biasanya sering membuat jebakan lubang di tanah. Beberapa jenis laba-laba golongan ini adalah laba-laba dengan tubuh besar seperti tarantula dan lancah maung.
  • Araneomorphae. Laba-laba golongan ini juga sering disebt sebagai laba-laba “modern”. Kebanyakan spesies laba-laba yang ada di dunia masuk ke dalam golongan ini. Hampir 94% dari jumlah spesies laba-laba yang ada di dunia masuk ke dalam golongan araneomorphae.
Dari banyaknya jenis laba-laba di dunia ini, ada janis-jenis yang memiliki racun atau berbahaya dan ada pula yang tidak berbahaya. Selain dari sisi bahaya dan tidaknya, dari segi bentuknya, spesies laba-laba juga sangat bermacam-macam. Berikut ini ada beberapa jenis laba-laba yang memiliki ukuran super-besar apabila dibandingkan dengan ukuran laba-laba pada umumnya. Berikut adalah 10 laba-laba terbesar di dunia:

1. Tegenaria parietin


lensaterkini.web.id - Laba-laba satu ini memiliki 8 kaki yang kurus dan panjang. Ukuran dari Tegenaria parietin ini adalah 5,5 inci. Tegenaria parietin merupakan laba-laba asli dari Eropa, namun juga beberapa ditemukan di Afrika Utara, Asia Tengah, Uruguay dan Argentina.

2. Nephila edulis


Nephila edulis adalah laba-laba yang memiliki ukuran 6 inci (termasuk dengan panjang kakinya). Nephila edulis memiliki kemampuan mendesain sarangnya dengan sangat cantik sehingga muncul sebutan untuk laba-laba satu ini dengan nama Golden Silk Orb-weaver.

Nephila edulis adalah jenis laba-laba penghuni daerah yang hangat. Laba-laba ini dapat ditemukan di Australia, Asia, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

3. Cerbalus aravensis


lensaterkini.web.id - Hewan ini merupakan spesies terbaru dari keluarga laba-laba yang berhasil ditemukan pada tahun 2010 lalu. Ukurannya mencapai 7,8 inci (termasuk panjang kaki). Cerbalus aravensis dapat dijumpai di daerah berpasir di Israel dan Jordania. Hewan satu ini termasuk nocturnal yang berburu mangsanya pada malam hari.

4. Phoneutria


Phoneutria adalah laba-laba yang sangat berbahaya karena memiliki racun cukup mematikan. Panjang tubuhnya mencapai 2 inci dan secara keseluruhan (dengan panjang kaki) panjangnya mencapai 6 inci.

Phoneutria dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Hewan yang disebut juga dengan nama Brazilian Wandering Spider ini memiliki habitat di hutan-hutan lebat.

5. Hysterocrates Spider

Hysterocrates Spider merupakan salah satu dari keluarga tarantula yang apabila dewasa, panjangnya mampu mencapai lebih dari 12 inci (termasuk kakinya).
Hewan ini bukan ancaman bagi manusia, karena terkadang ada pula orang-orang yang memeliharanya. Walaunpun tidak berbahaya, karena besar tubuhnya itu, tidak sedikit orang akan merasa ngeri apabila melihatnya.

6. Xenesthis immanis


Xenesthis immanis adalah laba-laba yang memiliki panjang lebih dari 9 inci (tanpa kaki). Memiliki habitat di Kolombia, Xenesthis immanis disebut juga dengan laba-laba pemakan burung yang tinggal di hutan hujan. Laba-laba ini tidak berbahaya bagi manusia.

7. Camel Spider


lensaterkini.web.id - Dari bentuk tubuhnya, Camel Spider sangat tidak mirip dengan laba-laba pada umumnya. Hewan yang memiliki panjang lebih dari 12 inci termasuk dengan panjang kaki ini lebih mirip seperti semut berukuran besar daripada disebut laba-laba. Makanan dari Camel Spider ini adalah serangga, kadal atau juga burung-burung kecil.

8. Goliath Birdeater


Termasuk dalam keluarga tarantula, Goliath Birdeater dapat dikatakan sebagai laba-laba paling besar di dunia. Panjangnya (beserta kaki) mampu mencapai lebih dari 12 inci. Goliath Birdeater dapat ditemukan di hutan hujan di Amerika Selatan.

Yang menjadikan hewan satu ini unik adalah selain beratnya mencapai 6 on, betinanya memiliki umur cukup lama yaitu antara 15 sampai 25 tahun, sedangkan yang jantan hanya mampu mencapai 3 sampai 6 tahun saja. Walaupun bukan menjadi ancaman serius bagi manusia, namun taringnya mampu merobek kulit manusia dan racunnya akan sedikit membuat manusia kesakitan.

9. Lasiodora parahybana


Lasiodora parahybana adalah laba-laba yang masuk dalam keluarga tarantula. Ditemukan di Brazil pada tahun 1917 silam, hewan ini memiliki ukuran panjang mendekati 12 inci (beserta kaki).

Lasiodora parahybana merupakan musuh utama dari ular-ular berukuran kecil. Dikarenakan bukan ancaman, banyak manusia yang menjadikannya sebagai peliharaan.

10. Huntsman Spider


Huntsman Spider dapat dikatakan sebagai laba-laba dengan ukuran terpanjang di dunia. Untuk kakinya saja mampu mencapai panjang lebih dari 12 inci, (belum dihitung secara penuh beserta tubuhnya). Huntsman Spider bukan merupakan hewan yang berbahaya bagi manusia. Nah, itulah 10 Jenis Laba Laba Paling Besar Di Dunia. semoga bermamfaat.

sumber: www.merdeka.com
Share :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Wallpapers
Copyright © 2011. terkondang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger